Minggu, 06 Desember 2009

SENI MEMIKAT HATI LAWAN JENIS


Islam mengajarkan bagaimana agar orang lain terpikat dengan kita, agar orang lain simpatik dan tertarik kepada kita yaitu dengan cara yang di ridhai oleh Allah, diantaranya adalah :

1. Tegurlah dia dengan santun

Anda akan senang bila anda ditegur bukan? Kalau memang demikian mengapa tidak kita dulu yang menegurnya. Tidak usah macam-macam ucapkan saja “permisi mas / permisi mbak” bila melewati seseorang, sehingga orang yang diucapkan permisi itu akan kenal apalagi bila sering tegur sapa dan orang yang ditegur itu berpendapat “wah dia itu orang baik loh, ramah”.

2. Senyumlah, dia pun tersenyum

Senyum adalah pembuka setiap kebaikan dan penutup setiap keburukan. Senyum bisa mencuri hati orang-orang yang terlanjur terpesona. Senyum memiliki pengaruh yang mengagumkan. Sangat tidak mungkin kalau seseorang ingin dicintai orang lain justru tidak tahu-menahu apa arti penting sebuah senyuman.

3. Memanggil dengan panggilan yang disukai

Salah satu yang dapat membuat seseorang dicintai orang lain adalah memanggil dengan nama yang paling disukai. Memanggil dengan anam yang paling disukai dapat mendekatkan seseorang kepada hati orang lain dan menanamkan kasih sayang dan kecintaan.

4. Berpenampilan baik dan wangi

Berpenampilan baik dan wangi adalah salah satu sebab cenderungnya hati orang lain kepada anda. Pepatah mengatakan “hiasan luar menunjukkan kecenderungan bathin”. Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.

5. Menghargai orang lain

Penghargaan terhadap oran lain adalah kunci untuk memasuki hatinya. Semnetara penghargaannya terhadapa anda adalah sebagai timbal balik dari suatu penghargaan dengan penghargaan yang serupa atau dengan yang lebih baik darinya.

6. Rendah hati/tawadhu’

Bersikap rendah hati adalah perangai yang amat mulia. Perangai ini juga membuat seseorang disukai banyak orang. Allah berfirman :

Dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali sekali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. Semua itu kejahatannya amat dibenci disisi Tuhanmu.”(Q.S. Al-Israa’ : 37-38).

7. Cukup dengan perkataan yang baik

Orang bijak berkata : “Siapa yang mengetahui tentang mulut yang fasih, niscaya mata manusia akan memandangnya dengan penuh keseganan” Agar anda disukai orang lain, hendaknya membatasi diri dengan perkataan yang baik-baik saja.

8. Menjadi pendengar yang baik

Belajarlah menjadi pendengar yang baik, sebagaimana engkau belajar menjadi pembicara yang baik, diantara cirri menjadi pendengar yang baik adalah dengan menunggunya sampai ia selesai berbicara tidak banyak memberikan jawaban, menghadap serta menatap pembicara dan memahami isi pembicaraannya.

9. Tahan Amarah

Tidak diragukan lagi bahwa orang yang mampu menahan amarah saat emosinya muncul akan meningkatkan derajat dihati orang lain , ia akan menuai kecintaan orang terhadapnya dan berbahagia dengan kedekatannya dengan mereka.

10. Bersikap lembut kepada orang lain

Siapapun pasti akan suka kepada kepada orang yang bersikap lembut dan dan pasti tidak akan suka kepada orang yang berhati kasar.

11. Satukan hati

Satukan hati atau dengan kata lain adalah al-Ulfah. Al-Ulfah adalah bersatu dalam cinta karena Allah, menyatunya hati dalam taat kepada-Nya serta kemurniannya dari kecenderungan sifat-sifat jahiliyyah. Ia merupakan salah satu nikmat Allah terbesar yang dianugrahkan kepada para hambanya setelah nimat hidayah dan iman.

12. Toleransi

Toleransi adalah memberikan kemudahan kepada orang lain dalam perilaku social. Seseorang yang penuh toleransi akan disenangi orang lain, dicintai dan akan diperlakukan dengan penuh kecintaan oleh mereka.

13. Lapang dada

Merupakan nikmat Allah bagi hamba-Nya yang muslim, saat Dia menjadikan dadanya bersih dari permusuhan dan bersih dari kebencian, jernih dari dengki dan hasud, bebas dari muslihat dan khianat.

14. Meminta maaf dan memaafkan

Minta maaf adalah salah satu perantara untuk menarik simpati, meraih kecintaan dari hamba-hamba Allah, menjadi penyebab tercapainya derajat yang tinggi dan kemulian jiwa serta keluhurannya.

15. Menutupi aib orang lain

Sesungguhnya dengan menutupi aib dan kekuranagn orang lain, maka anda akan mendekatkan hati mereka kepada anda, bahkan akan membuat mereka mencintai dan memuliakan anda, disamping akan memberikan ganjaran pahala yang sangat besar di dunia dan akhirat.

16. Dermawan / pemurah

Tak dapat dipungkiri bahwa manusia menyukai kedermawanan. Orang yang dermawan dicintai Allah dan dicintai manusia. Cukuplah kedermawanan itu merupakan salah satu sifat dari sifat-sifat Allah. Rasulullah bersabda :”Sesungguhnya Allah SWT Maha Pemurah, Dia menyukai orang yang dermawan, menyukai akhlak-akhlak mulia dan meebenci akhlak-akhlak bejad.

17. Memberikan bantuan dalam kebaikan

Memberi bantuan merupakan salah satu cara yang dapat menundukkan hati orang lain, meningkatkan reputasi dan merupakan satu penyebab utama untuk mempererat pertalian cinta antara yang memberi dan yang menerima bantuan selama pemberian itu bersifat baik.

18. Berbuat baik

Hati mempunyai tabiat mencintai orang yang berbuat kebaikan. Orang yang demikian sangat dicintai orang lain, bahkan ia orang yang sangat dicintai Allah.

19. Ucapan terima kasih

Hati mempunyai tabiat menyukai ucapan terima kasih dan pujian yang baik, sebagaimana ia menyukai orang yang memberikan kebaikan kepadanya. Tidak seorangpun yang tidak mengharapkan terima kasih.

20. Menepati janji

Orang yang menepati janji akan dekat dengan Allah dan dekat kepada manusia. Manusia akan sangat menyukai kepada orang yang menepati janji.

Sumber : “Pacaran Islami, Pacaran yang tidak Dosa”, karya : Abu Vina Hamidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates